ANALISISI SEMIOTIKA PESAN MORAL VIDEO “YOUTUBE BONDO WANI ISU RASISME DI SURABAYA PART 1 DAN PART 2”

MOCH ADE, SETIAWAN (2021) ANALISISI SEMIOTIKA PESAN MORAL VIDEO “YOUTUBE BONDO WANI ISU RASISME DI SURABAYA PART 1 DAN PART 2”. Other thesis, Stikosa-AWS.

[thumbnail of 17010054 MOCH ADE SETIAWAN.pdf] Text
17010054 MOCH ADE SETIAWAN.pdf - Published Version

Download (442kB)

Abstract

Video Bondo Wani Isu Rasisme di Surabaya termasuk dalam film dokumenter, film
dokumenter adalah film yang mengangkat tentang realita dalam masyarakat atau
kejadian sejarah yang pernah terjadi. Peneliti memilih video ini karena masih terjadi
kasus rasial di Indonesia tidak terkecuali di Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk
mencari tahu pesan moral apa yang terdapat dalam video isu rasisme di Surabaya
yang berada dalam kanal Youtube Majelis Lucu Indonesia yang disingkat MLI. Da-
lam penelitian ini, peneliti menggunakan semiotika model Roland Barthes sebagai
pisau bedah untuk memisahkan penanda dan petanda dan mengetahui dari level de-
notasi, konotasi, juga untuk mengetahui mitos yang ada dalam video Bondo Wani
berupa pesan moral. Kesimpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa penanda
dan petanda pesan moral dalam video isu rasisme di Surabaya ini dapat di lihat dari
beberapa scene video, yang di tunjukan berdasarkan level denotasi, konotasi, dan
mitos. Pesan moral yang terdapat dalam video ini, kita sebagai makhluk sosial harus
hidup rukun, saling menghormati dan menghargai perbedaan yang ada baik itu
perbedaan ras, etnis, suku, dan agama. Sebagaimana cita-cita luhur Bangsa Indone-
sia yang terdapat dalam Pembukaan UUD 1945 dan PANCASILA.
Kata Kunci : Rasisme, Video Bondo Wani, Semiotika Roland Barthes, Pesan Moral

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 16 Mar 2023 04:33
Last Modified: 16 Mar 2023 04:44
URI: https://repository.stikosa-aws.ac.id/id/eprint/214

Actions (login required)

View Item
View Item