STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK OLAHAN IKAN LAUT DI TOKO LESTARI SURABAYA

Aprianto Wahyu, Saputro (2021) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK OLAHAN IKAN LAUT DI TOKO LESTARI SURABAYA. Other thesis, Stikosa-AWS.

[thumbnail of 17010123 APRIANTO WAHYU SAPUTRO.pdf] Text
17010123 APRIANTO WAHYU SAPUTRO.pdf - Published Version

Download (260kB)

Abstract

Pandemi Covid -19 membawa dampak di berbagai sektor, dan salah satunya adalah
produsen olahan ikan laut. Tetapi Toko Lestari yang juga menjual produk olahan
ikan laut dan berlokasi di Jl.Pantai Lama No. 23 Surabaya nampak masih ada
kesibukan melayani pembeli dan pelanggan meski tidak begitu ramai. Bersaing
dengan toko - toko lain yg juga memasarkan produk olahan ikan laut, dan adanya
kenaikan harga bahan baku, listrik serta pajak menjadikan Toko Lestari sebagai
penjual olahan ikan laut harus membuat strategi. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui strategi komunikasi yang digunakan Toko Lestari dalam meningkatkan
penjualannya dan bisa bertahan disaat pandemi. Menggunakan metode penelitian
deskriptif kualitatif, dengan teknik analisis Miles dan Huberman yang terdiri dari
empat bagian : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan, maka teori yang dipilih untuk digunakan mengetahui strategi
komunikasinya adalah Intergrated Marketing Communication (IMC) dengan
pendekatan 6P, yang terdiri dari Price, Place, People, Packaging, Promotion, dan
Product. Hasilnya dengan memasang Harga produk di Toko Lestari sedikit lebih
murah dibandingkan dengan toko yang lain, lokasi yang strategis bisa
meningkatkan penjualan karena lokasinya dekat dengan destinasi wisata Pantai
Kenjeran. Produk yang dijual ikan yang langsung ditangkap dari laut, selain itu
promosi yang mereka adakan berbeda dengan yang lain, mereka memasang
spanduk di tempat yang cukup jauh dari lokasi. Melalui 20 pegawai, yang mampu
mengemas dengan cepat dengan jumlah yang banyak, juga berkat dilatih untuk
selalu tersenyum , akhirnya pegawai Toko Lestari senantiasa melayani pelanggan
dengan ramah dan sopan. Kemasannya juga dibuat menarik dengan menggunakan
plastik ziplock karena dinilai lebih praktis dan bisa dibuka tutup dengan mudah.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, IMC (6P), Toko Lestari, Produk
Olahan Ikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 16 Mar 2023 06:25
Last Modified: 16 Mar 2023 06:25
URI: https://repository.stikosa-aws.ac.id/id/eprint/224

Actions (login required)

View Item
View Item