STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS PEMERINTAH KOTA SURABAYA TERKAIT PEMBERITAAN AKHIR PANDEMI COVID-19

LIA QIKMATUL, MAULA (2022) STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS PEMERINTAH KOTA SURABAYA TERKAIT PEMBERITAAN AKHIR PANDEMI COVID-19. Other thesis, Stikosa-AWS.

[thumbnail of SKRIPSI LIA QIKMATUL MAULA 18010094_120846.pdf] Text
SKRIPSI LIA QIKMATUL MAULA 18010094_120846.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Percepatan pengendalian, penanganan, dan pemulihan pandemi di Kota
Surabaya adalah indikasi dari keberhasilan pelaksanaan komunikasi publik. Hal
tersebut tidak terlepas dari peran humas pemerintah, yaitu Dinas Komunikasi dan
Informatika (Dinkominfo) Kota Surabaya. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan
guna mengetahui bagaimana proses strategi komunikasi publik terkait pemberitaan
akhir pandemi Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif
deskriptif serta teori analisis manajemen isu Howard Chase dan Barry Jones.
Penelitian terkait pemberitaan akhir pandemi COVID-19 berlangsung pada Januari
hingga Oktober 2022 melalui media sosial instagram @sapawarga dan website
surabaya.go.id. Hasil penelitian dapat diketahui, Pemerintah Kota Surabaya lebih
memfokuskan isu-isu perubahan perilaku masyarakat dan pemulihan ekonomi
daripada pemberitaan terkait isu-isu kesehatan yang kontraproduktif. Humas
Pemerintah Kota Surabaya menggunakan media konvensional, digital, dan media
monitor intellegent (agensi media yang menyediakan jasa monitor isu) untuk
mengklasifikasikan isu-isu yang menyangkut nama Kota Surabaya. Selanjutnya,
isu-isu tersebut diklasifikasikan sesuai tingkat urgensi isu yang disusun kedalam
agenda setting dan disesuaikan dengan arahan (visi-misi) Pemerintah Kota
Surabaya. Adapun hal penting yang harus diperhatikan dalam perumusan strategi
komunikasi publik adalah bagaimana proses penentuan strategi sasaran, strategi
konten, dan strategi media. Sedangkan, pada proses pelaksanaan komunikasi publik,
Humas Pemerintah Kota Surabaya menitik beratkan peran Pemimpin (Walikota)
sebagai komunikator utama dengan tujuan memberikan kekuatan pada narasi publik
yang telah dirancang, serta menggunakan konsep komunikasi AIDA secara
bertahap dan berulang guna menyentuh sisi kognitif dan afektif publik. Humas
Pemerintah Kota Surabaya mengukur tingkat keberhasilan komunikasi publik
dengan parameter tingkat partisipasi masyarakat Kota Surabaya dalam mendukung
pelaksanaan program dan kebijakan Pemerintah Kota Surabaya.
Kata kunci: analisis manajemen isu, strategi komunikasi publik, humas
pemerintahan, pandemi, Dinkominfo Surabaya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 17 Mar 2023 06:36
Last Modified: 17 Mar 2023 06:36
URI: https://repository.stikosa-aws.ac.id/id/eprint/258

Actions (login required)

View Item
View Item