PERSONAL BRANDING SISCA KOHL DI AKUN TIKTOK “@SISCAKOHL”

YHOLA PUTRI DWI, AMANDA (2022) PERSONAL BRANDING SISCA KOHL DI AKUN TIKTOK “@SISCAKOHL”. Other thesis, Stikosa-AWS.

[thumbnail of SKRIPSI - YHOLA PUTRI DWI AMANDA.pdf] Text
SKRIPSI - YHOLA PUTRI DWI AMANDA.pdf - Published Version

Download (619kB)

Abstract

Branding adalah proses umum yang dilakukan di dunia pemasaran. Pemasaran
branding digunakan untuk membedakan suatu produk sehingga terdapat pembeda
untuk memunculkan ciri khasnya, hal tersebut akan mempermudah khalayak untuk
mengingatnya. Personal branding adalah kegiatan yang dilakukan seseorang guna
menimbulkan tanggapan positif dari khalayak. Hal itu dapat terjadi tergantung
bagaimana seseorang membangun personal branding dirinya, oleh sebab itu
personal branding sangat penting untuk seseorang yang ingin diakui oleh publik.
Penelitian ini membahas tentang Bentuk Personal Branding Sisca Kohl Sebagai
influencer di Media Sosial Tiktok. Tiktok saat ini adalah media sosial yang
digunakan secara personal untuk mengekspresikan diri serta menjadi media untuk
melakukan personal branding. Penelitian ini mengacu pada teori Five Brand
Personality Traits. Ada lima skala dimensi brand personality dengan lima belas
indikator yaitu sincerity (down-to-earth, honest, wholesome, cheerful), excitement
(daring, spirited, imaginative, up to date), competence (reliable, intelligent,
successful), sophistication (upperclass, charming), dan ruggedness (outdoorsy,
though) dan kategori konten kekayaan dengan dua indikator video dan caption.
Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif deskriptif. Hasil
penelitian menunjukkan akun Tiktok @siscakohl memenuhi lima skala dimensi
Five Brand Personality Traits dengan proporsi yang berbeda. Dari lima skala
dimensi brand personality, kategori Sincerity (ketulusan) mendominasi karakter
yang membentuk personal branding Sisca dengan persentase sebesar 26,4%. Selain
itu, hasil analisis pada kategori konten kekayaan menunjukkan bahwa akun Tiktok
@siscakohl merupakan sarana untuk membentuk personal branding sebagai konten
kreator karena Sisca konsisten dengan ciri khasnya dalam membuat konten dengan
benda yang unik dan cheerful.
Kata Kunci : Personal branding, influencer, Tiktok, analisis isi, five brand
personality traits.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 17 Mar 2023 06:41
Last Modified: 17 Mar 2023 06:41
URI: https://repository.stikosa-aws.ac.id/id/eprint/260

Actions (login required)

View Item
View Item