PENGARUH MEDIATELEVISI TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT DALAM PEMBENTUKAN CITRA ORANG INDONESIA TIMUR Survei pada Penonton Program Berita Televisi di Kelurahan Nginden Jangkungan

PETRUS OLA, PELAN (2022) PENGARUH MEDIATELEVISI TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT DALAM PEMBENTUKAN CITRA ORANG INDONESIA TIMUR Survei pada Penonton Program Berita Televisi di Kelurahan Nginden Jangkungan. Other thesis, Stikosa-AWS.

[thumbnail of PETRUS OLA PELAN.pdf] Text
PETRUS OLA PELAN.pdf - Published Version

Download (781kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media televisi terhadap persepsi
masyarakat, artinya penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terpaan media
berpengaruh signifikan terhadap persepsi yang dihasilkan oleh masyarakat atau khalayak
setelah mengkonsumsi berita televisi dengan menggunakan teori kultivasi milik professor
George Gebner dan yang menjadi subyek penelitian dalam penelitian ini. adalah anggota
masyarakat Kelurahan Nginden Jangkungan. Dengan metode penelitian survei dan teknik
pengumpulan data berupa angket dengan jumlah 14 pertanyaan yang telah diuji validitasnya
yang telahdibagikan kepada 100 responden yang dipilih untuk mewakili total populasi
dengan teknik random sampling sebagai salah satu teknik dalam pengumpulan data serta
melakukan wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Data yang diperoleh dari responden
akan diolah dan dibuktikan dengan melakukan analisis dengan menggunakan software SPSS
22.0 for windows. Berdasarkan hasil uji hipotesis yaitu uji t (parsial) diketahui bahwa nilai
sig 0,000 < 0,05 atau nilai T hitung sebesar 17,625 > t tabel 1,660, untuk hasil uji f (simultan)
diperoleh hasil dari output tabel dapat diketahui nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 atau nilai F
hitung sebesar 310,654 > nilai F tabel sebesar 2,191. Artinya ada pengaruh antara variabel
bebas terpaan media terhadap variabel terikat persepsi publik, sehingga dapat disimpulkan
bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Jika mengacu pada hasil analisis regresi maka koefisien
determinasi (R Square) sebesar 0,760 artinya pengaruh yang dihasilkan dari variabel bebas
terhadap variabel terikat yaitu pengaruh terpaan media terhadap persepsi masyarakat
berdasarkan hasil yang diperoleh dapat dikatakan cukup besar. Hasil dari penelitian ini
menunjukan bahwa terpaan media televisi berpengaruh terhadap persepsi masyarakat.
Kata kunci: Pengaruh media, persepsi dan citra publik
Referensi: 28 (2003-2021)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 20 Mar 2023 04:40
Last Modified: 20 Mar 2023 04:40
URI: https://repository.stikosa-aws.ac.id/id/eprint/277

Actions (login required)

View Item
View Item