Medium Komunikasi Pariwisata Melalui Film Animasi (STUDI KASUS ANALISA ISI FILM COCO)

Moch., Djauhari and Aulia, Afniar (2018) Medium Komunikasi Pariwisata Melalui Film Animasi (STUDI KASUS ANALISA ISI FILM COCO). Jurnal Spektrum Komunikasi, 6 (2). ISSN 2621-8712

[thumbnail of B-02 Peer Review - Jurnal Medium Komunikasi Pariwisata Melalui Film Animasi - STUDI KASUS ANALISA ISI FILM COCO.pdf] Text
B-02 Peer Review - Jurnal Medium Komunikasi Pariwisata Melalui Film Animasi - STUDI KASUS ANALISA ISI FILM COCO.pdf - Published Version

Download (175kB)

Abstract

Film dapat mengangkat citra sebuah tujuan wisata tempat pembuatan film tersebut. Pendapatan daerah tempat tersebut menjadi meningkat. Contoh dari film laskar pelangi (2008) dari film tersebut kita juga bisa melihat paronama dari pantai Tanjung di pulau Belitung. Kemudian ada juga film di tahun 2016 masih dari film Indonesia yaitu film ada apa dengan cinta yang mengambil lokasi syuting di kota Yogyakarta seperti Ada Apa Dengan Cinta 2? film yang dapat meningkatkan kunjungan wisata dan devisa pendapatan kota Yogyakarta. Terdapat Film lain yang dapat meningkatkan devisa pendapatan daerah tetapi dengan format film animasi di tahun 2017. Film tersebut tidak lain berjudul “Coco” film animasi karya produksi Disney dan Pixar yang mengangkat salah satu tempat di negara Mexico ini berhasil merajai Box Office di Amerika Serikat dan beberapa negara di dunia. Coco yang dirilis tahun 2017 ini banyak mendapatkan pujian dari kritikus film, film iniberhasil mengumpulkan keuntungan yang fantastis. Kehebatan new media dengan segala sisi interaktifnya dan fungsi konvergensinya terus berkembang. Banyak media yang membentuk destinasi pariwisata melalui media komunikasi seperti film, iklan, buku, televisi, media online dan lain sebagainya. Menarik untuk dikaji dan dianalisa sebuah film animasi seperti COCO ini, bagaimana sebuah film menjadi medium komunikasi yang cukup efektif dalam peningkatan destinasi wisata. Dengan studi pendekatan Kuantitatif, penelitian ini menggunakan metode analisis isi, yaitu metode yang digunakan untuk meriset atau menganalisis isi komunikasi secara sistematik, objektif dan kuantitatif. Analisis isi kuantitatif lebih memfokuskan pada isi komunikasi yang tampak (tersurat/manifest/nyata). Hasil dari penelitian ini adalah Film COCO memberikan pesan komunikasi pariwisata khususnya di kategorial Budaya dan Adat Istiadat yang tergambar cukup jelas dan detil pada plot hingga setting dalam filmnya.

Keywords: Identitas Kawasan Wisata, Kegiatan Budaya dan Adat, Medium Komunikasi, Film Animasi

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:56
Last Modified: 12 Jul 2023 02:56
URI: https://repository.stikosa-aws.ac.id/id/eprint/301

Actions (login required)

View Item
View Item