HUBUNGAN INTENSITAS PERTEMUAN SEKOLAH ORANG TUA WALI MURID SEBAGAI AKTIVITAS PUBLIC RELATIONS DENGAN SIKAP POSITIF ORANG TUA WALI

Nurtyasih Wibawanti Ratna, Amina (2022) HUBUNGAN INTENSITAS PERTEMUAN SEKOLAH ORANG TUA WALI MURID SEBAGAI AKTIVITAS PUBLIC RELATIONS DENGAN SIKAP POSITIF ORANG TUA WALI. LPPM Stikosa - AWS.

[thumbnail of B-16 Peer Review HUBUNGAN INTENSITAS PERTEMUAN SEKOLAH ORANG TUA WALI MURID SEBAGAI AKTIVITAS PUBLIC RELATIONS DENGAN SIKAP POSITIF ORANG TUA WALI.pdf] Text
B-16 Peer Review HUBUNGAN INTENSITAS PERTEMUAN SEKOLAH ORANG TUA WALI MURID SEBAGAI AKTIVITAS PUBLIC RELATIONS DENGAN SIKAP POSITIF ORANG TUA WALI.pdf

Download (297kB)

Abstract

Penelitian yang didasarkan pada fenomena semakin meningkatnya
keinginan masyarakat untuk memperoleh informasi secara detail tentang proses
belajar mengajar pada Sekolah Dasar Negeri. Peningkatan tuntutan tersebut bila
tidak di komunikasikan dengan baik antara sekolah dengan orang tua/wali
murid dapat mengakibat terjadinya gab yang tajam. Untuk memahami hal
tersebut studi ini ingin membuktikan tentang kegiatan pertemuan sekolah
dengan orang tua murid sebagai kegiatan public relations melalui Question
Reserch Bagaimana Hubungan Intensitas Pertemuan Sekolah-Orang tua/wali
murid sebagai aktivitas Public relations dengan sikap positif yang diberikan
orang tua/wali murid kepada sekolah.
Penelitian yang dilakukan dengan mengunakan pendekatan teori kognitif
melalui teori midle ring Stimulus Organisme Respond dalam memahami
komunikasi kelompok dan interpersonal dpat dibangun hipotesis bahwa
Terdapat hubungan yang erat Intensitas Pertemuan Orang Tua/Wali Murid
sebagai aktivitas public relations dengan sikap positif Sekolah. Hipotesis
tersebut dibuktikan dengan metode penelitian Survey tipe eksplanasi, dimana
tehnik sampling melalui stratiefied random samping. Hasil sampling dilakukan
dihasilkan 98 responden, atas subyek penelitan tersebut diperoleh hasil
penelitian yang menguatkan hipotesis yang dikembangkan.
Penelitian ini menunjukkan bahwa pertemuan formal maupun informal
yang dilakukan sekolah dengan orang tua/wali murid menunjukkan adanya
hubungan yang erat atas sikap positif yang diberikan leh rang tua/wali murid.
Dari variable penelitian tersebut dianalisis dalam 2 sub variable yaitu sub�variabel pertemuan formal dan pertemuan informal. Hasil analisis menunjukkan
bahwa pertemuan informal yang dilakukan sekolah dengan orang tua/wali murid sebagai sub variable yang paling efektif menumbuhkan sikap positif rang
tua/wali pada sekolah. Sedang pertemuan yang bersifat formal juga menunjukkan relasi yang moderat atas sikap positif yang ada pada orang
tua/wali murid.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 14 Jul 2023 16:23
Last Modified: 14 Jul 2023 16:23
URI: https://repository.stikosa-aws.ac.id/id/eprint/338

Actions (login required)

View Item
View Item