Puspita Sari, Ratna (2016) Branding Kota Surabaya sebagai Kota Wisata Kesehatan (Analisis Isi pada Majalah Surabaya City Guide Edisi Januari – Juni 2015). PR INDONESIA. pp. 78-86. ISSN 978-602-74247-0-8
PR Indonesia Untuk Kejayaan Bangsa.pdf - Published Version
Download (16MB)
B-02 Turnitin Branding Kota Surabaya sebagai Kota Wisata Kesehatan (Analisis Isi pada Majalah Surabaya City Guide Edisi Januari – Juni 2015).pdf - Published Version
Download (2MB)
B-02 Peer Review - Prosiding Branding Kota Surabaya sebagai Kota Wisata Kesehatan (Analisis Isi pada Majalah Surabaya City Guide Edisi Januari – Juni 2015).pdf - Published Version
Download (154kB)
Abstract
Surabaya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia memang menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Kota yang dijadikan pusat perekonomian untuk wilayah Indonesia timur ini memang memiliki karakteristik unik jika dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya. Bermunculannya pusat perbelanjaan baik grosir maupun ecer menjadi sebuah icon yang ditawarkan untuk menarik pengunjung dari luar kota. Selain itu, Surabaya juga sedang membenahi dirinya sebagai tujuan untuk berobat bagi sejumlah masyarakat Jawa Timur dan Indonesia. Hampir rata-rata Rumah sakit di Surabaya menawarkan pelayanan khusus yang tidak ditawarkan oleh rumah sakit lain. Bahkan Pemerintah Kota Surabaya memiliki agenda rutin tahunan berupa Surabaya Health Season, dimana dalam agenda ini seluruh penyelenggara program kesehatan baik dari Rumah Sakit laboratorium kesehatan mengadakan promosi serentak.
Fenomena ini menarik untuk dikaji, sebab sebagai Kota terbesar di wilayah timur Indonesia. Surabaya tidak pernah melakukan promosi tentang lokasi wisata bermain layaknya kota-kota lain. Meskipun pada kenyataannya Surabaya juga memiliki lokasi wisata bermain seperti Pantai Kenjeran, Taman Hiburan Rakyat, dan Surabaya Night Carnival. Hal ini terlihat dari isi majalah Surabaya City Guide, dimana hampir sebagian besar isi berita dalam majalah tersebut menyajikan lokasi wisata belanja dan tempat berobat di Kota Surabaya. Bahkan yang menarik adalah dalam majalah yang dibagikan secara gratis kepada seluruh warga Surabaya itu, juga menyajikan lokasi wisata hiburan/alam yang terdapat di kota selain Surabaya. Untuk itu pembahasan dalam paper ini membahas bagaimana city branding kota Surabaya dalam majalah Surabaya City Guide edisi Januari – Juni 2015. Paper ini akan menggunakan metode penelitian analisis isi kuantitatif yang akan mengkaji isi media
Kata Kunci: City Branding, Majalah, Wisata Belanja, Kesehatan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 06 Jan 2023 02:17 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 03:02 |
URI: | https://repository.stikosa-aws.ac.id/id/eprint/152 |