RESEPSI KHALAYAK VIDEO KLIP LAGU “THE BEAUTY OF BALI” KARYA ALFFY REV TERHADAP GERAKAN #BALIKEMBALI

BAGUS PRASETYO, WIDODO (2021) RESEPSI KHALAYAK VIDEO KLIP LAGU “THE BEAUTY OF BALI” KARYA ALFFY REV TERHADAP GERAKAN #BALIKEMBALI. Other thesis, Stikosa-AWS.

[thumbnail of 17010010 BAGUS PRASETYO.pdf] Text
17010010 BAGUS PRASETYO.pdf - Published Version

Download (748kB)

Abstract

Penelitian ini mengambil masalah resepsi khalayak video klip lagu “The
Beauty Of Bali” karya Alffy Rev terhadap gerakan #Balikembali. Tujuan dari
penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana resepsi khalayak video klip lagu
“The Beauty Of Bali” karya Alffy Rev terhadap gerakan #Balikembali. Dalam
skripsi ini, peneliti menggunakan metode analisis resepsi. Penelitian menggunakan
jenis penelitian kualitatif deskriptif. Proses analisis tersebut mencakup tiga
hipotesis untuk memaknai isi media yang sesuai dengan kode kode Stuart Hall
yaitu: Dominant-hegemonic reading, Negotiated reading, Opositional ‘counter’
hegemonic reading. Teknik pengumpulan data dengan memperlihatkan cuplikan
video musik “The Beauty Of Bali” yang didapat melalui internet, lalu menggunakan
teknik FGD (Focus Group Discussion). Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan
bahwa pembaca atau permisa belum tentu melakukan pembacaan sesuai apa yang
diinginkan oleh pembuat teks atau dengan kata lain khalayak melakukan
interpretasi makna yang terdapat di dalam teks secara aktif. Isu gerakan dinilai
belum cukup mewakili maksud dan tujuan dari gerakan tersebut karena sejak awal
gerakan #Balikembali bertujuan untuk mengembalikan perekonomian dan
pariwisata yang ada di Bali.
Kata kunci: Analisis Resepsi, Focus Grup Discussion, Alffy Rev, Media massa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 16 Mar 2023 04:12
Last Modified: 16 Mar 2023 04:46
URI: https://repository.stikosa-aws.ac.id/id/eprint/209

Actions (login required)

View Item
View Item