POLA KOMUNIKASI PENDIDIK DALAM PEMBELAJARAN FOTOGRAFI TERHADAP ANAK PENYANDANG TUNANETRA DI KOMUNITAS SE:RASA COLLECTIVE SURABAYA

DIETA MOUZA, SYAHPUTRI (2021) POLA KOMUNIKASI PENDIDIK DALAM PEMBELAJARAN FOTOGRAFI TERHADAP ANAK PENYANDANG TUNANETRA DI KOMUNITAS SE:RASA COLLECTIVE SURABAYA. Other thesis, Stikosa-AWS.

[thumbnail of 17010002 Dieta Mouza.pdf] Text
17010002 Dieta Mouza.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

SE:RASA Collective Surabaya merupakan salah satu komunitas fotografi di
Surabaya. Ada yang berbeda dari SE:RASA Collective dengan komunitas fotografi
lainnya, yaitu fokus anggota dari komunitas ini adalah para penyandang tunanetra.
Hal inilah yang menjadi menarik karena tunanetra sendiri adalah kondisi dimana
seseorang mengalami gangguan atau hambatan pada indra penglihatan, sedangkan
pembelajaran fotografi sendiri membutuhkan keahlian untuk melihat objek yang
akan diabadikan. Alasan peneliti mengangkat topik ini sebagai penelitian karena
Komunitas Serasa Collective ini sangat menarik dalam menyetarakan mereka para
disabilitas khususnya penyandang tunanetra bahwa mereka juga bisa melihat dan
merasakan hal-hal yang terjadi disekitarnya walaupun dengan keterbatasan yang
dimiliki. Dalam penelitian yang berjudul Pola Komunikasi Pendidik Dalam
Pembelajaran Fotografi Untuk Anak Penyandang Tunanetra Di Komunitas Serasa
Collective Surabaya menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus dengan
pendekatan deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah
observasi, wawancara serta dokumentasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini
adalah pola komunikasi yang terjadi antara pendidik dan anak penyandang
tunanetra dalam pembelajaran fotografi terjadi secara dua arah.
Kata kunci : Pola Komunikasi, Pembelajaran Fotografi, Penyandang
Tunanetra, SERASA Collective Surabaya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 16 Mar 2023 07:03
Last Modified: 16 Mar 2023 07:03
URI: https://repository.stikosa-aws.ac.id/id/eprint/233

Actions (login required)

View Item
View Item